Mengapa Sekarang Tambah Banyak Orang Memilih Belanja Barang Secara Online?

10 January 2019 - Kategori Blog

Mengapa Sekarang Tambah Banyak Orang Memilih Belanja Barang Secara Online?

Sampailaku.com – Sekitar tahun 2000, orang masih asing dengan yang namanya Jual Beli secara Online lewat Internet, boro-boro Jual Beli Internet, untuk mengakses Internet nya saja harus bisa mengoperasikan Komputer (PC) dan biasanya harus pergi ke Warnet (Warung Internet).

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2010, masyarakat (terutama Generasi Milenial) sudah mulai Rame banyak mengenal dunia internet online karena pada saat itu, Smartphone sudah bisa untuk Internetan walau masih terbatas dan harganya lumayan mahal.

Kemudian, mulai tahun 2015 sampai sekarang (2019), sungguh luar biasa masyarakat kita, karena penggunaan Internet sudah sangat sedemikian berkembang pesatnya karena mendapat dukungan dari Teknologi Smartphone yang sudah layaknya sebuah komputer PC sehingga bisa mengakses internet dengan sangat bebas tanpa batas dan juga adanya Situs-situs Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan lain-lain yang ikut membuat berbagai pihak yang bisnisnya bergerak di bidang IT menjadi termotivasi berlomba menuju yang terdepan dalam teknologi.

Perkembangan Zaman Media Sosial di tahun-tahun 2015-2019 ini juga tidak lepas dari ditemukannya sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan Perusahaan Raksasa Internet Google yaitu Sistem Operasi Android yang menyulap Smartphone laksana sebuah Komputer, yang kemudian menciptakan sebuah Wadah / Pasar Aplikasi Android bernama PlayStore. Jadi, Pokoknya kalau sebuah Aplikasi tidak terinstall melalui PlayStore maka aplikasi tersebut seolah-olah terlarang dan muncul pesan berbahaya. Sungguh Luar biasa Pasar Aplikasi PlayStore milik Google itu. Sehingga semua pengembang aplikasi (Developer) mau tidak mau harus mengikutkan aplikasinya di Pasar Aplikasi PlayStore. Tentunya Google menjanjikan bahwa setiap aplikasi yang sudah ada di PlayStore adalah lebih Aman dari bahaya Virus dan lain-lain yang bisa membahayakan setiap smartphone pengguna.

Aplikasi-aplikasi yang dijajakan di Playstore adalah sangat beragam, mulai Aplikasi News (Berita), Aplikasi Game, bahkan Aplikasi untuk Jualan secara Online, Aplikasi PPOB, dan lain-lain, sekarang sudah sangat banyak ragam dan guna nya dari setiap aplikasi di PlayStore.

Seorang teman saya, dia pemilik Warnet Game Center bercerita sekaligus seperti mengeluh bahwa kata dia, sekarang ini Game-game Online yang dulu dimainkan anak-anak di Warnet Game nya sekarang Game-game itu sudah ada versi Android nya dan bisa dimainkan dari Smartphone, akhirnya, Warnet Game dia jadi Sepi, karena anak-anak main game Online nya sekarang langsung dari Smartphone mereka masing-masing di Rumah. Luar biasa perkembangan teknologi internet di tahun-tahun terakhir ini, sangat pesat.

Kita balik ke Judul Artikel, maka ada beberapa alasan mengapa sekarang jadi makin banyak orang belanja secara online, saya akan sebutkan beberapa saja yang memang yang poin besar nya saja ya :

1. Manusia sekarang, terutama yang sering megang smartphone adalah Manusia-Manusia Generasi Millenial. Sifat Manusia Generasi Millenial itu adalah memang Senang menggunakan Gadget Smartphone dan dia malas untuk bersusah payah keluar. Sehingga ketika ada suatu aplikasi Jualan Online di Website, Situs atau Aplikasi maka mereka lebih memilih belanja dari rumah, dengan alasan simple, tidak ribet, tidak panas-panasan ke Mall.

2. Semakin banyak orang yang kecewa dengan hal Harga Barang. Maksudnya adalah harga barang yang tertera di Marketplace Online seperti di BukaLapak dan Tokopedia dan lain-lain adalah tidak mudah untuk dipermainkan. Artinya pelanggan lebih percaya dengan harga barang yang tercantum di suatu lapak Online daripada harus beli ke Toko Offline yang pada prakteknya banyak yang tidak mencantumkan harga barang sehingga peluang mempermainkan harga kepada pembeli baru adalah sangat besar. Pembeli merasa dirugikan. Maka dengan membeli barang secara online, hal itu tidak terjadi bahkan kepada pembeli yang sama-sekali tidak / belum tahu harga. Beda lagi dengan membeli secara offline ke suatu toko, peluang kena Tipu / kena permainan harga dari si pemilik toko offline adalah sangat besar. Maka itulah alasan saat ini lebih banyak yang percaya kepada Toko Online daripada Toko Offline. Sehingga membeli barang ini itu menjadi lewat Online.

3. Dunia Pengiriman Barang semakin berkembang pesat. Dulu kita tahu nya Pos Indonesia, sekarang wah banyak banget pilihan untuk mengirimkan barang, bahkan Gojek pun sekarang sudah bisa mengirimkan barang si A dari daerah si A ke si B di daerah si B, jadi persis seperti JNE atau J&T kan ya, luar biasa persaingan dunia pengiriman barang sekarang.

4. Satu lagi yang membuat orang banyak memilih belanja secara online, belanja di toko online yaitu Sistem Keamanan Transaksi sudah semakin bagus berkembang. Karena kalau dulu itu Belanja Online sangat Rawan penipuan, misalnya, uang kita sudah ditransferkan ke nomor rekening penjual barang, eh ternyata barang tidak dikirim dan alamat pedagang nya pun ternyata bodong, maka calon pembeli menjadi tertipu. Tapi sekarang, di banyak Toko Online sudah menerapkan Rekening Bersama, jadi uang calon pembeli akan masuk ke rekening bersama, baru nanti bila barang benar-benar telah diterima pembeli, maka pembeli bisa memberitahu pemegang kendali di Rekening Bersama bahwa barang sudah selamat sampai tujuan sesuai pesanan, maka Pihak Rekening Bersama akan mentransferkan uang pembayaran nya kepada rekening Penjual barang. Sungguh luar biasa, karena hal itu bisa sangat efektif meminimalisir Penipuan Online. Walau memang tidak selamanya terbebas dari penipuan online, ada saja yang curang dari satu dua orang individu penjual online, misalnya kasus ini “Hati-hati Penipuan, Jangan Mau Dibuatkan Invoice oleh Pelapak, Terus dia Minta-minta Nama, Alamat, No HP, Norek Bank Kita“.

Ya itulah teman-teman, Empat hal yang membuat semakin banyak orang yaitu terutama generasi millenial yang memilih untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari secara online daripada ke offline. Yang pada intinya, mereka lebih percaya dengan Harga yang dicantumkan di Toko Online daripada Harga yang diberikan Toko Offline yang kadang-karang langsung main patok dan berbeda-beda antara kepada calon pembeli 1 dengan calon pembeli lainnya (kecuali jika harga yang sudah di bandroll di Supermarket offline ya, itu sih lain kasus).

Demikian, semoga menginspirasi. (Sampailaku.com Team)

, ,