Tips Trik Bagaimana Cara Aman Belanja Online Agar Tidak Kena Penipuan

Tips Trik Bagaimana Cara Aman Belanja Online Agar Tidak Kena Penipuan

SAMPAILAKU.COM – Teman-teman yang belum pernah bertransaksi online, belum pernah membeli barang secara online, mungkin akan ada semacam perasaan ragu dan was-was khawatir kena tipu atau penipuan oleh si penjual. Itu adalah wajar dan sifat manusiawi.

Oke, baiklah., disini saya akan berbagi tentang bagaimana Tips dan Triknya untuk Cara agar Aman dalam berBelanja Online dan agar Tidak Kena Penipuan dari orang lain, yang mengaku-ngaku penjual barang itu padahal kabur ketika uang sudah kita transfer.

1. Ini Yang Paling Penting yaitu Yakinkan si Toko Online (Penjual Barang) tersebut menggunakan Rekening Bersama, atau jika di Tokopedia atau Bukalapak, menggunakan Rekening milik Tokopedia dan atau Bukalapak sebagai tujuan transfer kitanya.

Jadi begitu uang kita transfer, maka uang akan di tahan dulu oleh Tokopedia Bukalapak sampai si Penjual benar-benar mengirimkan barang yang dijualnya lalu si pembeli benar-benar telah menerima barang yang dia beli dengan selamat tidak kurang sesuatu apapun. maka disaat sudah seperti itu, pembeli dapat melakukan konfirmasi dan menyatakan bahwa barang sudah sampai dan dalam kondisi baik.

Selanjutnya pihak Tokopedia Bukalapak akan mentransfer uang ke rekening penjual barang tadi. Clear transaksi.

Jika tidak menggunakan metode begitu, maka teman-teman patut waspada, dan menurut saya lebih baik jangan jadi beli, karena kalau uang kita langsung masuk ke rekening penjual padahal barang belum tentu dikirim ke kita, maka itu akan sangat beresiko penipuan, kecuali memang jika toko online yang teman-teman gunakan untuk belanja online adalah memang sangat terpercaya. Itu lain lagi cerita ya.

2. Teliti dulu review orang lain untuk toko online yang akan dijadikan tempat belanja oleh kita. Bisa dengan mencarinya di Google atau di Forum Jual Beli misalnya di Kaskus, terus di Forum Bukalapak dan lain-lain, semakin banyak review dan feedback positif, maka peluang toko online tersebut memang terpercaya adalah semakin besar.

3. Pilih Toko Online atau Penjual Barang Online yang Super Fast Response atau Respon cepat dalam melayani calon pembeli. Penjual Barang / Pemilik Toko Online yang lelet dalam merespon pertanyaan-pertanyaan kita baik itu pertanyaan di WA mereka, di Facebook, di Instagram, di SMS, maka patut dicurigai dan menurut saya, urungkan saja niat Anda untuk beli di toko online yang lelet responnya, karena hanya akan membuat Anda sakit hati dan makan hati serta banyak kecewa nya di kemudian hari. Pilihlah hanya Toko Online dengan Respon yang Super Cepat dalam menanggapi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda sebelum Anda memutuskan membeli Barang di toko online dia.

4. Lebih baik lagi jika Si Penjual Barang tersebut adalah memiliki Website Sendiri, yaitu Situs Toko Online nya sendiri, disamping dia memang buka lapak di Tokopedia atau Bukalapak dan atau di tempat lainnya. Tetapi memiliki website sendiri dan memajang barang-barang dagangannya di toko online sendiri adalah akan menjadi nilai plus untuk toko online tersebut dalam hal meyakinkan kepercayaan calon pembeli.

Jadi jika anda dipilih membeli barang di penjual yang tidak punya website toko online sendiri dengan penjual yang tidak punya website, maka saran saya adalah beli lah dari penjual yang memiliki website sendiri, itu menunjukkan dan membuktikan bahwa penjual tersebut memang serius dan memang niat banget usaha jualan online nya, daripada dengan mereka yang hanya memajang barang dagangannya nebeng di situs toko online besar seperti tokopedia atau bukalapak.

Jadi penjual online yang baik dan terpercaya itu, dia punya website toko nya sendiri, dan lalu dia juga memang buka lapak juga di Tokopedia dan bukalapak dan di tempat lainnya. Itu adalah yang terbaik.

Demikian yang bisa saya sharekan. semoga bermanfaat dan tetap waspada dengan modus penipuan berkedok jualan barang online. (Sampailaku.com Team)

Tags: #Aman #Belanja #Online #Penipuan #Tips #Trik